Satgas TMMD Berikan Penyuluhan Bela Negara Ke Pelajar

INDONESIASATU.CO.ID:

WARTAACEH.CO.ID: ACEH SINGKIL - Satgas TMMD reguler ke 100 Tahun Anggaran 2017 Kodim 0109/Singkil memberikan penyuluhan Bela Negara kepada pelajar di Sekolah Menegah Atas (SMA) Negeri 1 Simpang Kanan, Kabupaten Aceh Singkil, Provinsi Aceh. Kamis (19/10/2017). 

Bertindak sebagai pemateri dipimpin oleh Dandim 0109/Singkil Letkol Kav Kapti Hertantyawan,SH yang diwakili oleh Pasiop Kapten Inf Bambang Supriyadi. Kegiatan tersebut diikuti 60 pelajar SMA Negeri 1 Simpang Kanan. 

Menurut Pasiop, Penyuluhan Bela Negara bertujuan untuk menanamkan pemahaman sejak dini kepada para pelajar SMA, bahwa setiap warga Negara, berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pertahanan dan keamanan Negara. 

Usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta oleh Tentara Nasional Indonesia dan Kepolisian Negara Indonesia Republik Indonesia sebagai kekuatan utama serta rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Didalam penyelenggaraan pertahanan negara kata Pasiop, setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara sebagai pencerminan kehidupan kebangsaan yang menjamin hak-hak warga negara untuk hidup setara, adil, aman, damai dan sejahtera.

Hal tersebut berdasarkan Undang-undang TNI pasal 34 tahun 2004. Dimana Tugas pokok TNI adalah melaksanakan operasi militer perang dan operasi militer selain perang.

"Yang dimaksud dengan operasi militer selain perang adalah termasuk melaksanakan TMMD," tegas Kapten Inf Bambang.

Turut berhadir, Pasiter Kodim 0109/Singkil, Kapten Inf B Sinuhaji, Danramil 04/Simpang Kanan, Kapten Inf Irwansyah, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Simpang Kanan beserta para tenaga pengajar dan Staf. [Jamaluddin]

Index Berita